Breaking News

Selasa, 25 Oktober 2016

Kegiatan Mahasiswa Baru Teknik Informatika Untan 2015

Assalamualaikum Wr.Wb
Wow! lama rasanya tak bernaung dengan blog ini, terakhir kali ngepost tahun 2013, masih kelas 2 SMA waktu itu.

3 tahun berlalu, tidak terasa ane sudah menduduki bangku perkuliahan, alhamdulllah sudah masuk semester 3 di Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura

Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura


Pada blog  kali ini saya akan menceritakan sedikit artikel tentang  Kegiatan Mahasiswa Baru Teknik Informatika Untan 2015.Blog ini saya buat untuk memenuhi tugas Algoritma Pemograman untuk dijadikan sebagai nilai UAS,yang mana peringkat pertama pada searh enginee akan mendapat nilai terbaik.




MATRIKULASI
Matrikulasi adalah sebuah program penyetaraan ilmu atau pengenalan kampus yang biasanya didapat oleh mahasiswa yang biasanya lolos melalui jalur seleksi Perguruan Tinggi. Tujuan matrikulasi ini sendiri adalah untuk menyetarakan kompetensi dari siswa yang berbeda sekolah terkhusus mahasiswa baru dari daerah, mengenalkan kampus lebih dalam, mempererat keakraban sesama mahasiswa, dll. 
Diharapkan dengan adanya program matrikulasi ini, para mahasiswa lebih memahami pengetahuan dasar pada jurusan yang dipilih, lebih mengenal kampus, dan mempunyai ikatan yang lebih akrab dengan mahasiswa lain.

 PENERIMAAN MAHASISWA BARU(PMB)
Penerimaan mahasiswa baru adalah  pengenalan tentang semua yang ada di kampus yang dilakukan pihak kampus terhadap mahasiswa baru.Semua fakultas pasti akan melaksanakan kegiatan ini dengan  kegiatan yang bermacan-macam.Kegiatan ini biasanya berlangsung selama 3 hari dan akan diikuti dengan ospek berkelanjutan.Pada hari pertama PMB dilaksanakan kegiatan upacara diwajibkan untuk semua mahasiswa baru UNTAN di halaman rektorat untan.
     Thamrin Usman selaku Rektor Untan menyampaikan pidato pada pelaksanaan PMB hari pertama sekaligus membuka rangkaian kegiatan PMB 2015. “Di kampus harus berfikir kreatif, analitik, analitif, solutif, produktif inovatif. Jadi tidak ada model seperti di SMA, semua ilmu selalu di suapin namun sekarang harus cari sendiri. Anda bergerak sendiri, berjalan sendiri, mencari sendiri.” Tegasnya saat upacara penyambutan Mahasiswa baru.

PENGENALAN WAWASAN AKADEMIS ANGKATAN(PAWANG)
          Pawang merupakan nama lain OSPEK yang ada di Fakultas Teknik. Kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan wawasan angkatan yang dilakukan para senior terhadap mahasiswa baru dan diawasi oleh pihak fakultas.
        Kegiatan ini diadakan setiap hari sabtu dengan waktu yang ditentukan. Kegiatan ini dilakukan oleh senior yang dikoordinir oleh dosen dan pihak fakultas.
        Didalam kegiatan ini,para mahasiswa baru diajarkan untuk saling bekerjasama, melatih kekompakan, peduli terhadap lingkungan,saling menjaga antar sesama mahasiswa,menghormati yang lebih tua serta menyayangi adek-adek yang akan menjadi mahasiswa baru dengan membimbing kegiatan yang ada di kampus.
HUMANITY NIGHT PROJECT(HNP)
         HNP atau singkatan dari Humanity Night Project merupakan suatu rangkaian pembinaan yang diadakan setahun sekali oleh Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) FT Untan,kegiatan tahunan ini dikhususkan untuk mahasiswa baru. kegiatan mahasiswa baru teknik untan, disini kita diberikan tugas dari senior untuk menjadi panitia.
Salah satu contoh kegiatan ini  adalah donor darah, Donor darah dipilih sebagai salah satu kegiatan HNP 2016 karena meningkatnya kebutuhan pasokan darah oleh masyarakat sedangkan penyediaan stok kantong darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) atau Rumah Sakit tidak mencukupi.
Diharapkan diadakan kegiatan ini agar mahasiswa baru lebih menumbuhkan kepedulian terhadap masyarakat yang tidak mampu dan kita harus tanggap dalam setiap keadaan,selain itu untuk menumbuhkan solidaritas antar sesame mahasiswa.


        Itulah kegiatan yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa baru..Ini menjadi tantangan tersendiri untuk saya agar belajar lebih giat dan semangat.Semoga artikel ini memberi gambaran kepada tema-teman yang ingin menjadi mahasiswa.Amin

2 komentar:

Designed By Published.. Blogger Templates