Breaking News

Selasa, 26 September 2017

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), Apakah benar-benar berfikir seperti manusia?



Apa itu Kecerdasan Buatan?

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan sebuah bidang keilmuan yang sedang hangat dibicarakan masa kini. AI menjadi salah satu dari sekian banyak trend yang sedang dikembangkan oleh pakar-pakar keilmuan dan teknologi demi terciptanya manusia-manusia kehidupan manusia yang lebih maju dan semakin dipermudah dengan adanya teknologi-teknologi terbaru tersebut.

Kecerdasan buatan diawali dengan adanya robot yang ditanamkan di dalamnya kecerdasan buatan yang dibuat dengan cara-cara berfikir seperti manusia. Namun, seiring berjalannya waktu kecerdasan buatan tak hanya ditanamkan pada robot-robot tapi juga ditanmkan pada aplikasi-aplikasi pada smartphone, peralatan-peralatan dapur dan lain yang membuat kecerdasan buatan seakan-akan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Dengan adanya hal ini, kecerdasan buatan dibuat sedemikian rupa sampai pada akhirnya benar-benar menyerupai cara berfikir manusia dan sesuai dengan tujuan si pembuat.




Apakah kecerdasan buatan benar-benar berfikir seperti manusia?

Pertanyaan ini muncul dengan stigma bahwa beberapa tahun kedepan kecerdasan buatan benar-benar akan menggantikan posisi manusia bahkan diistilahkan seakan-akan manusia masa depan berevolusi menjadi robot-robot yang telah ditanamkan kecerdasan buatan di dalamnya.

Kecerdasan buatan memang ditanamkan dengan tujuan tertentu untuk mempermudah pekerjaan manusia, namun bukan untuk menggantikan manusia secara keseluruhan. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna sampai kapanpun tidak akan pernah bisa diciptakan oleh manusia itu sendiri, bahkan cara berfikir dan akal manusia yang merupakan sebagian kecil dari manuisa keseleuruhan tersebut juga tidak akan benar-benar serupa seperti kecerdasan buatan. Penalaran dan cara berfikir kecerdasan buatan tetap ada batasnya karena mereka berfikir secara terprogram dan telah sesuai dengan algoritma-algoritma yang telah diprogram oleh si pembuat kcerdasan buatan.

Sekali lagi, manusia sampai kapanpun tidak akan pernah membuat tiruannya sendiri baik dari segi fisik dan psikis.



NAMA : RIDHO KURNIAWAN
NIM      : D1041151040

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates